Beranda > Uncategorized > >Zona Air untuk Kehidupan Diluncurkan di Taman Pintar

>Zona Air untuk Kehidupan Diluncurkan di Taman Pintar

>Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA – Wahana Zona Air untuk Kehidupan yang berfungsi untuk memberikan pendidikan masyarakat untuk melindungi alam dan sumber air alami diluncurkan untuk pertamakalinya di Yogyakarta ditandai dengan peresmian yang dilakukan Herry Zudianto, Walikota kota Yogyakarta, Kamis (24/2/2011).

Wahana yang didirikan Danone Aqua ini berada di Taman Pintar, sebuah taman rekreasi yang inovatif dan bertujuan untuk meningkatkan apresiasi serta memotivatsi ketertarikan kaum muda terhadap ilmu pengetahuan lewat aktivitas interaktif. Lokasinya yang berada tidak jauh dari Malioboro.

Wahana “Zona Air untuk Kehidupan” dirancang sedemikian rupa agar para kaum muda dapat belajar secara menyenangkan tentang proses-proses hidrogeologi yang membentuk mata air dan perbedaan kualitas antara satu sumber mata air dengan yang lainnya.

“Wahana bertujuan untuk mendidik kaum muda Indonesia tentang pentingnya melindungi sumber air alami agar generasi selanjutnya dapat terus menikmati manfaat dari sumber air berkualitas yang berkesinambungan,” ungkap Bernard Ducros, Presiden Direktur Danone Aqua dalam keterangannya kepada Tribunnews.com.

Air adalah kehidupan dan sebuah anugerah dari alam yang sangat penting untuk kualitas hidup generasi muda Indonesia sehingga harus dijaga dan dilindungi. Sebagai ahli dalam memilih, menjaga dan melindungi kebaikan alami yang terkandung dalam air.

“Dengan berkolaborasi bersama Taman Pintar untuk membuat wahana ini, kami berharap agar para pengunjung tidak hanya dapat menikmati waktunya disini tapi juga mendapatkan pengetahuan lebih tentang air yang mereka minum dan juga kontribusi yang dapat mereka lakukan untuk melindungi dan menjaga sumber air alami di Indonesia,” ungkapnya.

Ita Rustanti, Kepala Pengelolaan Kantor Taman Pintar, menambahkan, “Taman Pintar menyediakan sarana berekreasi bagi generasi muda untuk memperdalam ilmu pengetahuan mereka diluar sekolah dalam suasana yang menyenangkan. Dengan adanya kemitraan dengan Danone Aqua, Taman Pintar dapat menambahkan koleksi wahana yang sudah ada disini. Terlebih lagi, kami mendapatkan mitra yang memiliki kepedulian yang sama.”

Wahana berukuran 17,5 x 6,4 meter di kawasan Taman Pintar Yogyakarta. Akan ada beberapa obyek menarik di dalamnya, seperti diorama yang menunjukkan siklus air, skema miniatur yang memperlihatkan bagaimana lapisan aquifers terbentuk, pojok hidrogeologis dimana pengunjung dapat menggunakan peralatan yang benar-benar digunakan oleh ahli geologi.

Pengunjung bermain virtual touch-screen yakni menanam pohon untuk menyelamatkan dan melindungi alam. Dapat mengetahui metode pendekatan Danone Aqua 9-5-1 untuk memilih sumber mata air pegunungan melalui puzzle interaktif. 9-5-1 adalah metode yang berdasarkan 9 kriteria, 5 tahap seleksi dan 1 tahun penelitian dan pengujian sumber air yang dipilih.

Sebagai bagian dari Taman Pintar, wahana “Zona Air untuk Kehidupan” ini diharapkan akan menjadi atraksi utama. Pada tahun perdananya, Taman Pintar telah dikunjungi lebih dari 1,1 juta pengunjung dan diharapkan wahana baru “Zona Air untuk Kehidupan” dapat lebih menarik masyarakat berkunjung ke Taman Pintar.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: