Beranda > Uncategorized > >bermacam manfaat laut dalam kehidupan

>bermacam manfaat laut dalam kehidupan

>

Di Indonesia, laut sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat. Hal ini sangat wajar mengingat sebagian besar negara kita terdiri dari perairan dan manfaat laut sudah dirasakan sejak zaman nenek moyang.

Laut yang kita kenal sebagian besar terdiri dari air, selebihnya adalah material (gas terlarut, garam, bahan organik). Mungkin Anda sempat berpikir kenapa air laut terasa asin, padahal jika terasa tawar pasti air laut bisa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengapa Air Laut Asin?

Saat bumi baru terbentuk, air laut tidaklah seperti sekarang ini. Saat itu, atmosfer bumi sangat penuh dengan karbon dioksida. Hal ini menyebabkan tingginya tingkat keasaman air laut.

Air yang bersifat asam ini lalu menyebabkan pelapukan hingga akhirnya menghasilkan garam. Karena garam inilah air laut pun menjadi terasa asin.

Manfaat Laut

Laut bukan hanya genangan air raksasa yang memisahkan antar pulau di Indonesia, tapi ada bermacam-macam manfaat laut yang sangat berguna bagi kehidupan.

* Sumber makanan

Anda suka ikan? Atau pernah mengkonsumsi rumput laut? Makanan jenis ini bisa langsung kita dapatkan dari laut. Laut yang memiliki banyak sumber daya alam memang merupakan salah satu sumber makanan bagi manusia.

* Sebagai tempat budidaya

Bila sebelumnya kita bisa mengambil atau mendapatkan makanan langsung dari laut, kita juga bisa menggunakan laut untuk membudidayakan makanan kita seperti ikan, rumput laut, atau bahkan kerang mutiara yang hasilnya bisa kita manfaatkan untuk perhiasan.

* Transportasi

Laut bisa menjadi sebagai sarana transportasi antar pulau. Apalagi Indonesia terdiri dari banyak pulau. Bila Anda tidak suka naik pesawat, Anda bisa menempuh jalur laut untuk mencapai tujuan.

* Tempat wisata

Manfaat laut yang lain adalah sebagai tempat rekreasi. Berwisata ke laut atau pantai tentu bukan hal asing bagi Anda. Laut memang menjadi salah satu alternatif tempat hiburan yang murah meriah. Selain menikmati pemandangannya yang indah, Anda bisa bermain air sepuasnya di sini.

* Sumber mata pencaharian nelayan

Laut bisa menjadi tempat mata pencaharian. Manfaat laut yang satu ini sangat dirasakan oleh para nelayan, karena laut memiliki sumber daya alam yang melimpah dan dibutuhkan oleh banyak orang lain yang hidup jauh dari laut.

* Cadangan air bumi

Laut adalah cadangan air terbesar di bumi. Kita tentu sudah kenal dengan sungai, danau ataupun bendungan. Ketiga contoh itu adalah cadangan air kecil yang bisa cepat kering ketika musim kemarau datang.

Laut, dengan massa air yang begitu melimpah ruah otomatis menjadi cadangan air terbesar yang hampit tak mungkin mengering. Manfaat laut yang satu ini pun sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup di bumi.

* Tempat observasi para peneliti

Laut menjadi salah satu tempat observasi favorit bagi para peneliti. Hal ini dikarenakan laut memiliki begitu banyak kekayaan, mulai dari hewan, terumbu karang, sampai partikel-partikel terkecil yang ada di laut seperti gas atau mineral terlarut.

* Sumber pembangkit listrik

Manfaat laut yang juga cukup penting bagi kehidupan manusia adalah sebagai sumber pembangkit listrik. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) ini mengandalkan aliran air laut, ombak dan pasang surutnya.

Turbin-turbin yang dipasang akan berputar bila terkena aliran air laut yang cukup deras. Dari perputaran turbin inilah akhirnya dihasilkan listrik yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Itulah manfaat-manfaat laut yang patut kita ketahui. Di dalam laut ada begitu banyak sumber daya alam yang sangat berguna. Laut pun menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup manusia. Jadi, sudah sepatutnya kita menjaga laut agar tetap bersih dan terawat. Semua ini agar manfaat laut bisa terus kita rasakan.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: