Beranda > Uncategorized > >Jakarta Ditaklukkan Hujan dan Badai

>Jakarta Ditaklukkan Hujan dan Badai

>ImageSejumlah petugas memotong besi penyangga reklame yang tumbang akibat hujan deras dan angin kencang di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, kemarin. Penyangga reklame yang tumbang itu menimpa sebuah mobil sedan dan mengakibatkan kemacetan lalu lintas.

JAKARTA– Hujan disertai angin kencang yang melanda Ibu Kota kemarin menumbangkan puluhan pohon. Dampak lain, genangan air muncul di banyak tempat sehingga menimbulkan kemacetan parah hingga tadi malam. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta mencatat sedikitnya 35 pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang.“Sementara ini terdapat puluhan pohon tumbang di Jakarta Selatan.

Datanya belum lengkap karena masih dikumpulkan petugas di lapangan,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Catharina Suryowaty di Jakarta kemarin. Catharina mengatakan, pihaknya masih melakukan penanganan terhadap pohon yang tumbang dengan meminggirkan dari jalan raya agar arus lalu lintas tidak terganggu.“ Kalau tidak diangkat,pasti akan menimbulkan kemacetan parah,”katanya.

Di antara pohon besar yang tumbang ada di antara Jalan Raden Patah dan Jalan Pattimura, Jakarta Selatan atau di belakang Mabes Polri. Sedikitnya 14 unit mobil rusak tertimpa pohon Angsana yang sudah berusia tua. Batang pohon itu berdiameter sekitar satu meter. “Mobil-mobil itu tertimpa pohon yang langsung tumbang,” kata penjual Bandrek bernama Sarum, salah satu saksi mata kejadian. Saat pohon tumbang tiga mobil sedang melintas di kawasan tersebut dan sebelas mobil parkir di sepanjang pertigaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Mabes Polri.

“Saya baru saja melintas dari kawasan Al-Azhar menuju Jalan Pattimura, tetapi tiba-tiba mobil saya tertimpa pohon,” kata Asep, pengendara Grand Livina dengan nomor B 2287 DB. Hujan deras juga mengakibatkan arus lalu lintas beberapa ruas jalan di Ibu Kota tersendat. Seperti di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, yang digenangi air setinggi 25 cm. Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan bahwa cuaca Jakarta dan sekitarnya pada 16 Maret 2011 berawan dan hujan ringan serta hujan.

Selain menumbangkan pohon, angin kencang juga merobohkan papan reklame seperti di sekitar Perumahan Pondok Karya, Mampang dan Simprug. Kemacetan akibat genangan air hingga pukul 21.00 tadi malam di beberapa wilayah Ibu Kota masih belum terurai. Sepanjang Jalan Gatot Subroto terpantau padat baik untuk arah Slipi maupun Cawang. Kepadatan juga tampak di Jalan Jenderal Sudirman untuk dua arah.

Terlebih lagi untuk jalur lambat karena ada genangan cukup tinggi tepat di kolong Jembatan Semanggi. Salah satu pengguna Jalan Frans Simorangkir mengakui, kepadatan jalan di Jakarta khususnya saat hujan sungguh di luar batas.“Saya sampai tiga jam di jalan untuk sampai rumah di Kali Malang,” katanya. Untuk hari-hari biasa dia hanya menempuh satu setengah jam dari kantornya di kawasan Gatot Subroto menuju rumahnya di Bekasi.

Hujan es kemarin juga dilaporkan turun di beberapa wilayah Ibu Kota di antaranya di Kemayoran. Sigit, warga Kebon Kosong, Kemayoran mengatakan,saat hujan makin deras muncul butiran es. Kepala Subbagian Informasi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tirto Djatmiko mengatakan, hujan es biasa terjadi pada musim pancaroba. Butiran es biasanya menyatu saat hujan lebat.

”Butiran es merupakan partikel dari hujan lebat yang terjadi saat pancaroba,” ungkap Tirto. Tirto menambahkan, butiran es juga terjadi karena saat pancaroba ada perbedaan suhu yang cukup drastis diikuti awan konfektif. Awan menggumpal serta kilat petir dan angin kencang membentuk butiran es. ”Satu pekan ke depan cuaca dengan perubahan suhu yang drastis masih akan terjadi,”tuturnya. helmi syarif/ ridwansyah

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: